Mukomuko-Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan usaha serta kapasitas dan kompetensi SDM usaha mikro, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko melalui Dinas perindustrian perdagangan koperasi usaha kecil dan menengah memberikan pendidikan dan pelatihan UMKM dengan mengunakan pelatihan startegi branding dan pemasaran online bagi UMKM, di Aula Hotel Bumi Batuah ,Senin hingga Jumat (24/10/22).
Acara ini lasung dibuka oleh Bupati Mukomuko Melalui Asisten II Edi Kasman , SH , di hadir juga oleh Perwakilan Ferkompinda dan Perwakilan OPD .
Kepala Disperindagkop Kabupaten Mukomuko Ruri Irwandi, ST.MT menyampaikan kegiatan pelatihan ini kita berkerjasama dengan balai diklat industri Provinsi Sumatra Barat, bahwa pelatihan digelar selama 5 hari, diikuti oleh 60 orang peserta.
“ untuk narasumber langsung diisi oleh bapak almo Friztjos, S.Ds dan Wahyu Rahmadani, S.Ds pelatihan dan pendidikan di bagi dua sesi dari 60 peserta , sesi pertama diikuti khusus UMKM Kuliner dengan peserta 30 orang , sesi kedua UMKM Kerajinan juga di ikuti 30 porang peserta,” Sampainya
Ruri Juga mengungkapkan bahwa melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan UMKM ini nanti bisa meningkatkan inovasi , kreatifitas SDM UMMK untuk melakukan pemasaran Online dengan strategi Branding.
“UKM akan sulit untuk berkembang jika pelaku usaha tidak mengetahui bagaimana caranya memasarkan suatu produk. Harapannya, pelatihan ini akan memberikan kontribusi terhadap omset dari penjualan dari para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Mukomuko “ Ungkapnya
Ruri juga mengajak para pelaku UMKM untuk belajar dengan serius bagaimana cara dalam menjual produk di media online agar produk yang dijual bisa menjadi magnet terhadap konsumen untuk melakukan transaksi.
“Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh pelaku usaha adalah sebisa mungkin pelaku usaha memberikan sentuhan berupa kata-kata yang dideskripsikan dalam mengunggah produk di media online serta memberikan sentuhan dukungan dalam brand kemasan sehingga bisa memberikan daya tarik konsumen terhadap produk yang kita jual,” katanya
Selain itu juga, bisa menjadi solusi bagi pelaku usaha untuk tidak hanya terpaku pada model pemasaran konvensional, tetapi juga harus siap beralih ke pemasaran berbasis online digital.
“Inovasi teknologi dalam pemasaran dengan memanfaatkan internet berupa digital marketing atau internet marketing merupakan paradigma yang harus dipahami dalam bisnis saat sekarang ini, selain model konvensional,” tutup Ruri Irwandi (wr/adv)